Selasa, 29 Juni 2010

Kombat Kaji Ulang Pembentukan Kabupaten Bandung Timur (KBT)

Peta yang diwarnai merah muda dan hijau muda merupakan bakal wilayah Kabupaten Bandung Timur








Komite Pembentukan Kabupaten Bandung Timur (Kombat) akan melakukan kajian kembali terkait pemekaran Kab. Bandung menjadi Kab. Bandung Timur (KBT). Hasil kajian sebelumnya, KBT hanya mencakup 9 kecamatan. Saat ini ada wacana kecamatan yang masuk KBT menjadi 15 kecamatan.

Ketua Kombat, Dadang Supriatna kepada "GM", belum lama ini mengatakan, dalam perundang-undangan, pemekaran wilayah harus ada kajian ilmiah dari perguruan tinggi. "

Dulu konsorsium perguruan tinggi sudah melakukan pengkajian. Tapi dulu dalam pengkajian ini kecamatan yang masuk hanya 9 kecamatan. Karena sekarang yang masuk 15 kecamatan, maka harus dikaji ulang," jelasnya.

Ke-15 kecamatan yang rencananya masuk KBT, Kec. Bojongsoang, Ciparay, Majalaya, Paseh, Pacet, Ibun, Kertasari, Cikancung, Solokan Jeruk, Cicalengka, Nagreg, Rancaekek, Cileunyi, Cilengkrang, dan Cimenyan.

Sementara untuk pembentukan KBT, lanjut Dadang, justru bisa meningkatkan perekomonian masyarakat dan mempercepat pembangunan.

"Potensi di KBT sangat besar. Selain sektor pertanian, potensi lainya adalah industri dan pariwisata. Tidak itu saja, di KBT ada jalur penghubung antar daerah yang bisa mempercepat pembangunan perekonomian masyarakat," katanya.

Selain potensi bisa tergali, lanjut Dadang, pembentukan KBT bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan yang selama ini tidak terpecahkan.

"Salah satu permasalah yang krusial, di antaranya banjir yang melanda Rancaekek dan sekitarnya, serta pencemaran limbah pabrik," ujarnya.

Dukungan dewan

Sementara itu, wacana pembentukan Kab. Bandung Timur yang telah bergulir sejak tahun 2004, mendapat dukungan dari sebagian anggota DPRD Kab. Bandung.

"Rencana dan keinginan dibentuknya wilayah KBT, saat ini mulai ramai dibicarakan," kata Anggota Komisi C DPRD Kab. Bandung, Aep Saepulloh kepada "GM" di Solokanjeruk, Sabtu (24/4 ).

Menurut Aep, sebagian besar anggota dewan dari Bandung Timur yang meliputi daerah pemilihan (Dapil) III, IV, V, dan VI menyetujui pembentukan KBT. "Hal itu disepakati melalui deklarasi saat melakukan kunjungan kerja di Yogyakarta pada 8 April lalu," katanya.

Aep mengatakan, pembentukan KBT meliputi Kec. Cileunyi, Bojongsoang, Cilengkrang dan Kec. Cimenyan (Dapil III), Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, dan Kec. Cikancung (Dapil IV), Majalaya, Paseh, Ibun, dan Kec. Solokanjeruk (Dapil V), dan Baleendah, Ciparay,
dan Kec. Pacet (Dapil VI). (B.97/B.105)**

Sumber :
http://www.klik-galamedia.com/indexnews.php?wartakode=20100426092020&idkolom=tatarbandung
26 April 2010


Sumber Gambar:

Pintu Tol Cileunyi

http://id.tixik.com/image-91366.htm

Industri - Rancaekek, http://rawaituranca.blogspot.com/

Curug Cilengkrang - Cilengkrang, http://sites.google.com/site/blogfatah/curugcilengkrang

Perkebunan Teh - Kertasari, http://apdri.files.wordpress.com/2009/12/santosa-2-02.jpg

Pabrik Sarung - Majalaya, http://www.kompas.com/data/photo/2009/03/06/0600257p.jpg

Borondong Majalaya - Majalaya
http://kopralcepot.files.wordpress.com/2009/09/f01-borongdong-majalaya.jpg

Situ Cisanti - Kertasari, http://korawa2.files.wordpress.com/2009/06/situ-cisanti1.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar